HeadlineUnik dan Aneh

Pemimpin Dunia Hebat yang Ditembak di Depan Umum

Menjadi pemimpin apalagi tingkat dunia tentu mendapatkan hak pristisius yang diantaranya adalah mendapat pengawalan ketat agar keamanannya terjamin. Hal ini perlu dilakukan sebab seorang pemimpin dunia tentu mempunyai banyak musuh atas kepemimpinannya. Baik karena kebijakannya yang tidak berpihak kepada satu pihak atau karena lawan politiknya yang menginginkan kematiannya. Mereka dapat berupa ancaman dari luar negara dia memimpin atau malah dari dalam negerinya sendiri bahkan sekutunya sendiri. 

Namun sayangnya karena lemahnya pengamanan membuat pengawasan terhadap pemimpin dunia rentan dilukai. Akibatnya para musuh mencari kesempatan untuk mencelakakan yang tidak jarang berujung kepada pembunuhan. Salah satunya adalah penembakan di muka umum yang tentu sangat mengerikan sehingga menjadi sebuah tragedi pada sebuah negara. Tercatat banyak pemimpin dunia yang mengalami hal ini. Mulai dari Presiden Amerika Serikat Jhon F Kennedy hingga Presiden Anwar Sadat.

Presiden Amerika Serikat Jhon F Kennedy

Presiden Amerika Serikat Jhon F Kennedy via grid.id

Dia adalah presiden di Amerika Serikat yang ke 35 yang terkenal akrab dengan Presiden Soekarno. Sehingg tidak heran saat kunjungan di Jakarta tahun 1964 Presiden Jhon F Kennedy memberikan sebuah helipkopter dan pesawat angkut C-130 kepada Presiden Soekarno. Banyak hal besar yang dilakukan Presiden Jhon F Kennedy seperti menyelamatkan anak buahnya saat kapalnya hancur diterjang kapal penghancur Jepang Saat Perang Dunia, menerjunkan militer Amerika Serikat saat Perang Vietnam, pendaratan pertama manusia di bulan dan melakukan kudeta terhadap Presiden Kuba Fidel Castro meskipun berujung pada kegagalan.

Namun sayangnya presiden yang paling muda diantara presiden di Amerika Serikat lainnya ini harus tewas karena ditembak di muka umum.

Tepatnya pukul 12.30 pada Hari Jumat, 22 November 1963. Presiden Jhon F Kennedy melakukan kunjungan safari politik di Dallas, Texas. Dalam kunjungannya ini menurut versi resmi dia ditembak oleh Lee Harvey Oswald dari salah satu ruang perpustakaan tepatnya di lantai enam. Tembakan pertama mengenai bagian belakang tubuh Presiden Jhon F Kennedy kemudian peluru kedua mengenai belakang kepalanya dan tembus ke bawah leher namun peluru terakhir mengenai Gubernur Connally yang duduk di sampingnya.  Setelah dibawa ke rumah sakit akhirnya Presiden Jhon F Kennedy dinyatakan meninggal dunia.

Tepat pukul 14.15 polisi menangkap Lee Harvey Oswald namun dia melarikan diri setelah menembak satu polisi. Namun yang mengherankan beberapa saat setelah Lee Harvey Oswald ditangkap polisi dia ditembak mati oleh Jack Ruby. Penembakan itu terjadi saat Lee Harvey Oswald dipindahkan dai markas kepolisian ke penjara kota.

Banyak yang menduga kematian Presiden Jhon F Kennedy penuh dengan konspirasi. Seperti balas dendam Presiden Kuba Fidel Castro yang sebelumnya gagal dikudeta oleh Presiden Jhon F Kennedy, peranan anggota mafia yang kejahatannya diusut oleh adik Presiden Jhon F Kennedy dan konspirasi oleh Wakil Presiden Lyndon B.Johnson.

Anwar Sadat

Presiden Anwar Sadat
Presiden Anwar Sadat via titiknol.co.id

Presiden Anwar Sadat adalah presiden dari Mesir yang paling berpengaruh di wilayah Timur Tengah. Tindakan kontroversinya adalah saat melaksanakan penyerbuan ke Izrael bersama Libya, Suriah dan Irak meskipun pada akhirnya pihak Izrael yang memenangkan pertempuran karena unggul di pesawat tempur. Secara jujur Presiden Anwae Sadat mengakui sengaja membuat perang dengan Izrael untuk mengalihkan perhatian rakyat dari masalah ekonomi dan tingkat korupsi yang tinggi di pemerintah.

Akibat kalah dengan Izarel membuat banyak pihak dalam negeri Mesir yang menekan Presiden Anwar Sadat. Salah satunya adalah aliran Islam garis keras. Apalagi setelah itu Presiden Anwar Sadat malah mendamaikan Izrael dengan Palestina lewat Perjanjian Camp David yang tentu dibenci oleh negara – negara Timur Tengah. hal ini berujung kepada peristiwa penembakan Presiden Anwar Sadat saat parade Militer untuk memperingati ulang tahun ke-8 perang Yom Kippur.

 Penembakan Presiden Anwar Sadat tepat terjadi tanggal 6 Oktober 1981. Saat itu duduk di tribun dengan banyak pengawalan pribadi. Saat melintas parade truk pengakut artileri tiba – tiba truk itu berhenti. Kemudian turun Islambouli seorang militer yang beraliran Islam garis keras. Kemudian dia memberi salam ala militer karena tidak menaruh curiga Presiden Anwar Sadat ganti membalas salam hormat. Dengan cepat Islambouli melempar granat ke arah Presiden Anwar Sadat. Setelah itu romboongan truk pengangkut artileri itu menembaki tribun Presiden Anwar Sadat dengan senapan AK-47 kemudian melarikan diri. 

Akibat penembakan itu Presiden Anwar Sadat meninggal dunia. Disebabkan karena pendarahan parah di internal rongga dada dan perobekan paru – paru sebelah kiri serta pembuluh darah di bawahnya. Akhirnya setelah ditangkap Islambouli ditahan selama enam bulan. Tepat tanggal 15 April 1982 dia dieksekusi tembak.

Penembakan Presiden Abraham Lincoln

Penembakan Presiden Abraham Lincoln
Presiden Abraham Lincoln via nasional.okezone.com

Dia adalah presiden yang memimpin Amerika Serikat ke 16. Dia adalah presiden yang berupaya melawan perbudakan di tanah Amerika Serikat. Hal itu ditunjukkan saat terjadi perang saudara di Amerika Serikat. Dalam perang saudara ini terjadi antara pihak perserikatan Amerika Serikat yang anti perbudakan pimpinan Presiden Abraham Lincoln melawan Konfederasi Amerika yang pro perbudakan pimpinan Jefferson Davis. 

Setelah mengalahkan Konfederasi Amerika Serikat dengan perlahan Presiden Abraham Lincoln menghapus perbudakan di Amerika Serikat, sehingga tidak heran dia dianggap sebagai presiden terhebat di Amerika Serikat. Namun saat itu masih banyak anak buah Jefferson Davis yang masih dendam terhadap Presiden Abraham Lincoln meski sudah dikalahkan. Mereka mencari cara agar bisa membunuh Presiden Abraham Lincoln.

 Seorang aktor panggung bernama John Wilkes Booth salah satu pendukung Konfederasi Amerika, sehingga dia selalu mencari cara membunuh Presiden Abraham Lincoln. Dia juga berencana membunuh Presiden Abraham Lincoln bersama Sekretaris Negara William H. Seward serta membunuh Wakil Presiden Andres Johnson. Sehingga saat ketiganya mati berharap akan membuat bangkit Konfederasi Amerika Serikat. Semua terwujud saat Presiden Abraham Lincoln. Menonton acara teater di Washinton. 

Saat Presiden Abraham Lincoln menonton darama tiba tiba John Wilkes Booth tiba – tiba dalam jatak empat kaki dia menembak Presiden Abraham Lincoln tepat di bagian belakang kepala. Setelah itu dia melarikan diri dari dan bersembunyi di sebuah peternakan. Ketika persembunyiannya diketahui dia menolak menyerah sehingga tempat itu dibakar. Ketika melarikan diri keluar dari kandang ternak itu dia ditembak.

Hanya Presiden Abraham Lincoln yang berhasil dibunuh. Kedua teman Jhon Wilkes Booth yakni Lewis Powell yang bertugas membunuh sekretaris Negara William Seward hanya membuat terluka dan David Herold yang bertugas membunuh Wakil Presiden Andres Johnson malah menghilang.

Perdana Menteri Yitzak Rabin

Perdana Menteri Yitzak Rabin
Perdana Menteri Yitzak Rabin via belajarsampaimati.com

Dia adalah perdana menteri kelima yang menjadi pemimpin di Izrael. Dia adalah pemimpin Izrael yang berusaha menjalin hubungan baik dengan Palestina. Hal ini dibuktikkan saat dia bersama Presiden Palestina Yasser Arafat melakukan perjanjian damai di Oslo, Norwegia, pada tangggal 20 Agustus 1993. Hal ini terjadi karena kaum Yahudi yakni Negara Izrael melakukan perebutan tanah dengan kaum Arab di Palestina semenjak tahun 1920.

Kebijakan perdamaian ini tidak semua orang Izrael setuju. Salah satunya adalah Yigal Amir sehingga dia mencari cara untuk membunuh Perdana Menteri Yitzhak Rabin. Pada tanggal 4 November pendukung kebijakan Perdana Menteri Yitzak Rabin sebanyak 100.000 orang berkumpul di King of Izrael Square. Dalam pidato disana Perdana Menteri Yitzak Rabin memaparkan bahwa Yahudi di Izrael menginginkan perdamaian bukan peperangan dengan siapapun.

Saat itu Yigal Amir menunggu Perdana Menteri Yitzak Rabin di tempat parkir dekat mobil Perdana Menteri Yitzak Rabin. Setelah selesai berpidato Perdana Menteri Yitzak Rabin dia menuju mobilnya. Belum sampai mobil sudah datanglah Yitzhak Rabin menuju Perdana Menteri Yitzak Rabin. Dengan cepat ditembakkan tiga peluru ke arah punggung Perdana Menteri Yitzak Rabin. si pelaku segera ditangkap dan Perdana Menteri Yitzak Rabin meninggal dunia setelah satu jam perawatan dokter.


anehtapinyatadotnet

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button