Nasib Tawanan Perang yang Mengerikan



Tawanan perang adalah ketika terjadi dua kelompok saling berperang. Kemudian salah satu pihak kalah. Maka pihak yang kalah itu akan menyerah kemudian menjadi tawanan. Sesuai Konvensi Janewa tentu tawanan perang haruslah diperlakukan dengan baik. Seperti tidak disiksa, diberi makanan layak dan tidak dibunuh tanpa sebab.

Namun karena suatu sebab seringkali terjadi perlakukan buruk terhadap tawanan perang. Seperti karena tawanan perang itu sebelumnya menyerang secara membabi buta seperti nasib tawanan Jerman di Uni Soviet, demi mendapatkan informasi yang dibutuhkan seperti nasib tawanan Vietcong di Perang Vietnam  hingga alasan agar memang tawanan benar – benar mati sehingga tidak menghabiskan logistik si penawan. Banyak contoh kasus penanganan tawanan perang yang kejam. Seperti saat Perang Vietnam, Perrang Dunia II dan yang terbaru yang dilakukan oleh pemberontak ISIS terhadap tawanan perangnya.

1.Dikanibal dan disiksa

ilustrasi Perang Dunia II Jepang menyerang pangkalan laut Pearl Habour via stripes.com

Pada saat Perang Dunia II Jepang menyerang pangkalan laut Pearl Habour. Hal ini memicu Amerika Serikat melawan Jepang. Salah satu tentara Amerika Serikat yang ikut terjun di perang itu adalah George W Bush yang kelak menjadi presiden di Amerika Serikat ke 41. Saat itu George W Bush berpangkat Letnan Muda dengan usianya masih 22 tahun.

Dia mempunyai tugas sebagai pilot pesawat pengebom AL Amerika Serikat. Tugasnya adalah mengempur wilayah Iwo Jima yang masih dibawah kendali Jepang. Dalam tugasnya itu mereka dihadang peluru antiudara. kontan pesawat Avengernya limbung dan belum sampai di pangkalan mereka memutuskan untuk terjung menggunakan parasut. Dalam upaya penerjunan itu George W Bush selamat meskipun harus terombang – ambing selama 4 jam yang kemudian diselamatkan kapal selam AS, USS Finback.

Namun nasib kesembilan rekannya harus berakhir tragis. Sebab mereka tertangkap kapal patroli Jepang dan dijadikan tawanan di markas Jepang. Operator Radio, Marve Mershin diberi tugas untuk menggali kuburannya sendiri kemudian kepalanya ditebas samurai, kemudian rekan lainnya dieksekusi kemudian dihidangkan bersama pesta Sake, Penerbang Floyd Jall juga dieksekusi kemudian hatinya dimasak untuk sayuran sebab dipercaya baik untuk kesehatan dan rekan lainnya Warren Earl Vaughn juga bernasib sama yakni dieksekusi dan dikanibal. Empat rekan George W Bush dieksekusi bernasib tidak berbeda. Karena yang tiga dieksekusi sedangkan terakhir dipukuli hingga tewas.

2.Dikuliti hidup – hidup

Dikuliti hidup - hidup
ilustrasi dikuliti hidup-hidup via bali.tribunnews.com

Suku Indian menganggap bahwa menguliti kulit kepala musuh adalah sebuah bukti kemenangan. Sehingga tidak heran saat kita melihat film Westren dimana berisi pertarungan koloni Amerika dengan suku Indian maka disana diselipkan adegan mutilasi kulit kepala. 

Setelah mengalahkan musuh kemudian mereka memperlakukan tawanan dengan mengerikan yakni mengambil kulit kepala musuh kemudian kulit kepala itu dijadikan koleksi di tenda mereka. Semakin banyak koleksi kulit kepala musuh maka semakin dianggap hebatlah suku Indian tersebut. 

Namun kebiasaan ini membawa dampak buruk sebab koloni Amerika meniru hal ini dan menjadikan suku Indian sebagai target. Sehingga muncul sayembara yang  menawarkan 500 dollar untuk setiap kepala suku Indian pada tahun 1724. Maka tidak heran setelah itu banyak dilakukan perburuan terhadap suku Indian demi mendapatkan imbalan. Disinilah titik dari awal kemusnahan suku Indian sehingga keberadaan mereka tersingkirkan di tanah leluhur mereka.

3. Dijadikan tumbal

Dijadikan tumbal
Suku Aztec Dijadikan tumbal via indozone.id

Suku Aztec adalah suku asli yang mendiami tanah Meksiko. Dimana pada sejarahnya suku ini menguasai Meksiko cukup lama. Hingga kedatangan kedatangan kaum penjajah Spanyol pada tanggal 8 November 1519. disinilah awal penguasaan Meksiko oleh Spanyol sekaligus kepunahan suku ini. Kombinasi siasat licik perang dan penularan penyakit oleh bangsa Spanyol membuat suku ini punah.

Saat kejayaannya suku Aztec ini suka menumbalkan manusia dengan cara mengerikan. Dimana tujuan tumbal manusia ini untuk perayaan atas kesukesan mendirikan piramida. Yang mengerikan suku ini dalam waktu empat hari mengorbanlan sekitar 84.000 orang. Sangat mengerikan bukan ?

Yang mengerikan adalah festival menguliti pria atau lebih dikenal Tlacaxipehualiztli. Tujuan upacara ini untuk dewa Aztec dan Xipe Totec. Pada awalnya mereka yang dikorbankan selama empat puluh hari hidup enak. Karena disamakan dengan dewa karena diberi perhiasan emas dan hidup nyaman. Namun setelah itu kulit mereka diwarnai seperti emas kemudian dieksekusi. Setelah dieksekusi tubuh mereka dikuliti dan kulit itu akan digunakan pendeta untuk menari.

Tidak cukup sampai disitu kemudian selama 20 hari mantel kulit manusia itu digunakan secara bergantian hingga longgar. Untuk lebih jelasnya silahkan menonton film Apocalypto yang tayang pada tahun 2006. Film ini menjelaskan bagaimana suku Aztec mencari suku – suku lain untuk dikorbankan. Sekaligus menceritakan awal kedatangan Christopher Columbus ke tanah Amerika. Orang – orang yang dijadikan tumbal mengerikan itu adalah dari kawasan sekitar kerajaan. Yang secara khusus diburu oleh prajurit kerajaan. Kemudian setelah dikalahkan dan dijadikan tawanan mereka ditumbalkan.

4.Dibakar hidup – hidup 

Dibakar hidup - hidup

Dibakar hidup – hidup via makasar.tribunnewa.com

Pemberontak ISIS mulai eksis pada tanggal 29 Juni 2014 dengan pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi. Diaawal kejayaannya pemberontak ISIS berhasil menguasai sebagaian wilayah Suriah dan Irak. Hal itu mudah bagi pemberontak itu karena baik di Irak maupun Suriah tengah dilanda perang saudara.

Akhirnya setelah digempur tentara Irak, Tentara Suriah, Jet tempur Rusia dan rudal – rudal Amerika Serikat pemberontak ISIS ini berhasil dikalahkan. Saat masih eksis inilah pemberontak ISIS memperlihatkan kekejamannya terhadap tawanannya. Yang paling terkenal adalah saat mereka berhasil menangkap pilot dari Kerajaan Yordania pada bulan Januari 2015. Sebelumnya pesawat pilot bernama Muath al- Kasaesbeh ini ditembak jatuh oleh rudal pemberontak ISIS. Setelah ditangkap dan dijadikan tawanan pemberontak ISIS dia dieksekusi. Sebelumnya pihak pemberontak ISIS akan melepas pilot itu asalkan Yordania membebaskan Sajida al-Rishawi tahanan Yordania yang merupakan pelaku bunuh diri yang menewaskan 60 orang di Kota Amman. 

Namun karena pihak Yordania pilot itu dieksekusi dengan cara sadis yakni dibakar. Pilot itu menggenakan baju orange dan diletakkan dalam kandang. Setelah itu badannya dibasahi dengan bensin kemudian disulut dengan obor yang menyala. Tidak hanya itu kemudian pemberontak ISIS menuangkan puing bagunan ke kandang itu. Sebagai penutup kandang itu diratakan oleh bolduser. Benar – benar mengerikan.

5.Diledakkan dengan bom

Diledakkan dengan bom
Diledakkan dengan bom via jogja.tribunnews.com

Kekuasaan pemberontak ISIS semakin meredup setelah digempur banyak pihak. Apalagi setelah kematian Abu Bakar al-Baghdadi pada Oktober tahun 2019 oleh pasukan khusus Amerika Serikat. Saat dikejar anjing pasukan khusus Amerika Serikat itu diketahui bahwa Abu Bakar al-Baghdadi meledakkan diri.

Namun kekejaman pemberontak ISIS masih jelas menorehkan sejarah. Salah satunya adalah saat tentara Suriah menyerang Yarmouk Camp, Damaskus, Suriah. Saat itu tentara Suriah diterjunkan untuk membeaskan Yarmouk Camp yang merupakan kantong hunian pengungsi Palestina. Sayangnya dalam serangan itu salah satu marinir Suriah tertangkap. Diidentifikasikan dia bernama Shadi Issa.

Tawanan perang itu dieksekusi dengan cara kepalanya dipsanngi helm berisi bom. Sedangkan anggota tubuhnya diikat kuat menggunakan sebuah tali. Kemudian tubuhnya dilemparkan dari puncak sebuah gedung. Dengan diposisikan kepala dibawah. Sehingga saat membentur di tanah bom itu meledak. Rekaman video dan foto – foto eksekusi tawanan tentara Suriah yang kejam itu beredas tanggal 2 April 2018.

6.Dipululi setiap dua jam oleh 10 orang

perang vietnam
perang vietnam via libputan6.com

Dalam Perang Vietnam yang terjadi dari tahun 1957 hingga 1975 secara langsung

Pasukan Amerika Serikat membantu pihak Vietnam Selatan. Sedangkan pihak Vietnam Utara dibantu persenjataan oleh Cina dan Uni Soviet. Dalam perang proksi yang dimenangkan Vietnam Utara hingga menjadi negara sosialis itu terdapat sebuah cerita legenda tawanan perang John McCain.

Dikisahkan pada Oktober 1967  John McCain seorang pilot Amerika Serikat melakukan serangan udara pengeboman di wilayah Vietnam Utara. Apesnya pesawat  John McCain ditembak jatuh gerilyawan Vietcong. Akhirnya sang pilot ditahan oleh Vietcong hingga lima tahun lamanya. Hingga dibebaskan pada tanggal 14 Maret 1973.

Selama lima tahun itulah John McCain mengalami siksaan berat dari Vietcong. Dia disuruh menandatangai pakta bahwa dia melakukan pengkhianatan terhadap Amerika Serikat. Namun dia menolak akibatnya selama setiap dua jam sekali dia dipukuli oleh sepuluh musuh. Hal ini berakibat fatal karena seumur hidup menjadikan dia tidak bisa mengangkat kedua lengannya di atas kepala.  Hal ini terjadi karena musuh membiarkan lengan kirinya yang patah hingga bisa sembuh sendiri.

Sumber 

https://www.google.com/amp/s/dunia.tempo.co/amp/1120862/cerita-john-mccain-selama-jadi-tawanan-perang-vietnam

http://alifrafikkhan.blogspot.com/2010/12/album-foto-tawanan-perang-jerman.html?m=1

https://m.merdeka.com/dunia/rayakan-idul-adha-isis-gantung-tawanan-bak-kambing-usai-disembelih.html

https://www.google.com/amp/s/jateng.tribunnews.com/amp/2018/05/02/sadis-beginilah-kekejian-isis-menyiksa-dan-mengeksekusi-tentara-suriah

https://intisari.grid.id/amp/03101090/gara-gara-pesawatnya-tertembak-jatuh-presiden-amerika-serikat-ke-41-nyaris-dimakan-pasukan-jepang-yang-kelaparan?page=all

https://intisari.grid.id/amp/03101090/gara-gara-pesawatnya-tertembak-jatuh-presiden-amerika-serikat-ke-41-nyaris-dimakan-pasukan-jepang-yang-kelaparan?page=all

https://m.liputan6.com/global/read/3027752/4-kisah-mengerikan-praktik-menguliti-kepala-demi-meraup-kekayaan

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/shandy-pradana/10-fakta-mengerikan-tentang-ritual-pengorbanan-manusia-oleh-suku-aztec-exp-c1c2

Ritual-Ritual Pengorbanan Manusia Bangsa Aztec yang Kekejiannya Kelewat Batas

Ritual-Ritual Pengorbanan Manusia Bangsa Aztec yang Kekejiannya Kelewat Batas

anehtapinyatadotnet

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply