Kisah Dramatis Penyelamatan Pemimpin Dunia



Karena sebuah kondisi seringkali terjadi sebuah peristiwa evakuasi kepada pemimpin dunia. Evakuasi itu terjadi baik karena pemimpin dunia itu diasingkan oleh musuh, kendarannya ditembak jatuh musuh sehingga terombang – ambing di alam bebas hingga karena serangan kudeta sehingga harus menyelamatkan diri.

Tentu untuk melakukan evakuasi ini dibutuhkan strategi dan kecerdasan yang luar biasa.i Karena bila tidak akan berbahaya bagi pemimpin dunia itu sendiri. Resiko bila ketahuan musuh maka kematian hingga penyiksaan dari pihak musuh siap menanti. Seperti evakuasi Benito Musoolini saat diasingkan oleh ara revolusioner hingga penyelamatan Presiden George W Bush saat berperang melawan Jepang di Perang Dunia II.

1.Evakuasi Benito Musolini oleh Hitler

Evakuasi Benito Musolini oleh Hitler via viva.co.id

Benito Musolini adalah sekutu Adolf Hitler dalam Perang Dunia II sekaligus Perdana Menteri Itali. Karena Itali juga ikut menyerang Prancis sehingga Itali mendapatkan setengah dari Prancis dengan Jerman. Tidak hanya itu dalam Perang Dunia II pihak Itali juga menyerang Ethiopia. Namun setelah itu Itali  babak belur dikalahkan oleh pasukan Inggris dan Amerika Serikat saat hendak menguasai Yunan.

Karena sering kalah membuat ekonomi Itali bangkrut. Selain itu rakyat Itali juga tidak mau ikut dalam Perang Dunia II yang hanya akan membawa kekalahan sebab melawan Sekutu. Hal inilah alasan mengapa Raja Victor Emmanual III menahannya di sebuah pegunungan terpencil wilayah Abruzzo.

Karena butuh sekutu maka Adolf Hitler mengutus Kapten Otto Skorzeny untuk menyelamatkan Benito Mussolini. Operasi ini dimulai pukul 06.00 malam 28 Juli 1934. Operasi ini dilakukan menggunakan pesawat terbang kemudian terjun ke tempat Benito Mussolini ditahan. Pasukan ini mendarat di sebuah hotel dekat Benito Mussolini ditahan. Setelah melumpuhkan dua penjaga  Kapten Otto Skorzeny berhasil menemui  Kapten Otto Skorzeny. 

Tidak lupa mengatakan bahwa dia disuruh Adolf Hitler untuk mengevakuasi dari sana. Setelah itu Benito Mussolini dijadikan penguasa boneka oleh Adolf Hitler. Hingga setelah kalahnya Jerman di Perang Dunia dia ditangkap oleh pasukan Fasis Itali. Kemudian dia ditembak mati dan mayatnya digantung terbalik. Karena tidak mau mati dengan kondisi memalukan seperti Benito Mussolini inilah alasan mengapa Adolf Hitler si sahabatnya untuk melakukan bunuh diri.

2.Evakuasi Raja Maroko dari kudeta  

Evakuasi Raja Maroko dari kudeta
Evakuasi Raja Maroko dari kudeta via ghesciedenisbeleven.nl

Dia adalah Raja Hassan II yang berkuasa di Kerajaan Maroko dari 26 Februari 1961 hingga 23 Juli 1999. Saat itu pada tanggal 16 Agustus 1972 dalam perjalanan dari Paris tiba tiba saja empat jet tempir Northrop F-5 menyerang pesawat Boeing 727 yang dinaiki Raja Hassan II. Serangan itu bukan serangan roket mematikan karena hanya menimbulkan lubang di badan pesawat itu. Setelah itu pesawat lainnya menembaki lapangan udara tempat pesawat itu akan mendarat.

Melihat situasi berbahaya itu Raja Hassan II membuat keputusan penyelamatan diri yang cerdas. Kemudian Raja Hassan II menghampiri radio pesawat dan berteriak ” Berhenti menembak ! Tiran itu sudah mati !” Mengira itu suara dari pilot dan misi membunuh Raja Hassan II sukses kemudian pesawat jet itu pergi.

Akhirnya pesawat berhasil mendarat meski dengan darurat. Dalam insiden itu sebanyak delapan penumpang tewas dan 40 lainnya luka – luka. Segera setelah turun dari pesawat terbang Raja Hassan II memerintahkan agar melakukan penangkapan kepada pihak – pihak yang melakukan kudeta. Hasilnya para prajurti angkatan udara yang terlibat diamankan, Jendral Mohamed Quifkir penasihat kerajaan diamankan dan Jendral Amekrane sebagai komandan angkatan udara diamankan kemudian dieksekusi mati.

Raja Hassan II adalah pangeran yang menjabat sebagai kepala staf militer Maroko sebelum menjadi raja. Sebagai raja dia melakukan kebijakan positif untuk Kerajaan Maroko hingga wafatnya di tahun 1999.

3.Evakuasi Napoleon dari pulau Elba menjadi penguasa 100 hari

Evakuasi Napoleon dari pulau Elba menjadi penguasa 100 hari
Evakuasi Napoleon dari pulau Elba menjadi penguasa 100 hari via history.com

Napoleon Bonaparte secara resmi menjadi kaisar di Prancis tahun 1804. Setelah itu dia menginvansi banyak negara – negara di kawasan Benua Eropa seperti Belanda, Swiss, Itali dan Jerman. Namun dia membuat kesalahan saat menyerang Rusia pada tahun 1812. Karena pasukannya kalah sebab musuh menggunakan taktik bumi hangus dan bersembunyi di musim dingin yang beku. Sehingga banyak prajurit Napoleon Bonaparte yang mati beku karena musim dingin.

 Setelah dikalahkan oleh Rusia dengan strategi bersatu dengan alam akhirnya Napoleon Bonaparte harus bersusah payah saat Kaisar Prancis dikepung koalisi negara Eropa. Serangan yang terjadi Maret 1814 itu sukses memakzulkan Napoleon Bonaparte. Tepat tanggal 11 April kekuasaanya dilucuti dan dia dijadikan penguasa lokal di Pulau Elba. Setelah itu Kerajaan Prancis diserahkan kepada Raja Louis XVIII.

Di Pulau Elba yang berjarak jauh dari Kerajaan Prancis ini para koalisi berharap agar Napoleon Bonaparte tidak lagi melakukan perjuangannya lagi. Hal manjur karena berdasarkan pengamatan pengawas dari Inggris Neil Campbell dia terlihat pasrah. Sesuai ucapannya yang berkata ” Sudah tidak ada apa – apa lagi kecuali kugunakan masa pensiunanku untuk rumah, sapi dan kelesai,”

Kemudian Napoleon merekrut penduduk setempat sejumplah 1.150. Ternyata semua itu hanya trik karena tanggal 26 Februari 1815 dia bersama penduduk setempat berjumplah 1.150 melarikan diri untuk kembali ke Prancis. Sesampai di Kota Paris tanggal 19 Maret 1815 dengan mudah dia menguasai kerajaan. Karena prajurit Raja Louis XVIII melarikan diri bahkan ada pula yang membelot. Sayangnya kekuasaan Napoleon Bonaparte hanya 100 hari. Sebab setelah itu dia dikalahkan sekali lagi oleh koalisi negara Eropa. Setelah itu dia dibuang ke Pulau Saint Helena hingga akhir hayatnya.

4.Jhon F Kennedy

Jhon F Kennedy
Jhon F Kennedy via time.com

Jhon F Kennedy adalah presiden ke 35 Amerika Serikat yang berkuasa dari Januari 1961 hingga pembunuhannya di bulan November 1963. Saat Perang Dunia II dia tercatat sebagai prajurit Amerika Serikat yang berjuang melawan Jepang di Lautan Pasifik. Dia adalah Angkatan Laut yang menjadi komandan kapal patroli torpedo PT-109. 

Pada tanggal 2 Agustus 1943 pesawatnya hancur ditembak kapal penghancur Jepang. Semua awak kapal tercerai berai. Awak kapal segera berenang mencari pulau terdekat. Saat itu penyelamatan dilakukan dengan penuh dramatisir. Karena kondisi Jhon F Kennedy sendiri terluka di punggung karena terkena serpihan bom. Dia juga harus menarik rekannya yang terluka parah, dilakukan dengan menggunakan pelampung yang tertambat di giginya. Dia menarik rekannya hingga ke pulau terdekat untuk diselamatkan rekannya. 

Peristiwa sama juga dialami oleh Presiden George W Bush. Hanya saja kisah yang dialami lebih mengerikan daripada kisah Presiden John F Kennedy. Saat itu dia bertugas sebagai pilot pengebom. Naas pesawatnya ditembak jatuh Jepang saat di Samudra Pasifik. Dia beruntung karena selamat sebab menemukan kapal Sekutu. Namun semua rekannya ditemukan Jepang dan dieksekusi. Operator Radio Marve Mershin dipenggal kepalanya setelah membuat lubang untuk dirinya sendiri, Penerbang Floyd Hall dibunuh kemudian dagingnya dimakan oleh para perwira militer Jepang sedangkan rekan lainnya dipukuli oleh tentara Jepang.

Sumber 

https://m.liputan6.com/global/read/3619631/16-8-1972-tiran-sudah-mati-raja-maroko-menipu-orang-yang-akan-membunuhnya

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Napoleon_Bonaparte

https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/sejarah-pelarian-terbesar-kaburnya-napoleon-bonaparte-dari-elba-eBeu

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Benito_Mussolini

https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/misi-khusus-otto-skorzeny-membebaskan-benito-mussolini-cERD

https://id.m.wikipedia.org/wiki/John_F._Kennedy

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/internasional/read/2017/02/06/22435751/presiden.as.ini.nyaris.dipenggal.jepang.di.perang.dunia.ii

anehtapinyatadotnet

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply