Hewan yang Mempunyai Sistem Organ Tubuh Unik

By: On:


Organ tubuh pada hewan sama dengan organ tubuh manusia yakni mempunyai fungsi masing – masing. Semuanya saling bekerja sama untuk mencerna makanan dan bernafas. Kemudian sevagai tujuan akhir adalah pembuangan kotoran. Semuanya tentu membutuhkan kerjasama demi kelangsungan hidup hewan itu. Organ ini dapat dibagi menjadi dua jenis yakni organ luar dan organ dalam. Contoh organ luar adalah kulit dan mata sedangkan contoh organ dalam adalah paru – paru dan jantung.

Seringkali organ hewan di dunia mempunyai sistem kerja yang unik. Hal ini terjadi karena banyak hal. Seperti adaptasi lingkungan, adaptasi bentuk tubuh hingga pengaruh evolusi. Banyak penelitian soal betapa uniknya sistem kerja organ tubuh hewan – hewan di dunia. Mulai dari organ jantung katak yang dapat berhenti sementara saat musim dingin hingga sapi yang mempunyai empat sistem pencernaan.

1.Katak menyetel jantung sendiri

katak menyetel jantung sendiri via news.108jakarta.com

Hewan ini mempunyai organ Jantung yang dapat distel sendiri oleh sang katak untuk berhenti berdetak beberapa waktu. Hal ini dilakukan saat di wilayahnya terjadi musim dingin. Maka yang dilakukan oleh katak adalah menghentikan detak jantungnya sendiri, Namun sel – sel di jantungnya tetap hidup. 

Kemudian disaat musim dingin berlalu berganti menjadi musim semi. Glukosa mengalir dalam aliran darah. Dari darah inilah kemudian menyalur ke jantung untuk berdetak kembali. Sehingga dapat hidup seperti sediakala untuk aktifitas hidup selanjutnya.

2. Ikan Lumba – lumba tidur dengan setengah otak bekerja

Ikan Lumba - lumba tidur dengan setengah otak bekerja
Ikan Lumba – lumba tidur dengan setengah otak bekerja via une.edu

Hewan sahabat nelayan ini mempunyai kelebihan yakni saat berenang dia bisa juga melakukan hal lain yakni tidur. Hal ini terjadi karena di otak lumba – lumba terdapat gelombang otak non – REM ( Rapid Eye Movement ). Yakni gelombang pada otak dimana setengah otak tertidur lelap sedangkan setengah otak lainnya masih aktif bekerja. Nanti bila waktunya sudah cukup dilakukan bergantian dengan otak sebelahnya. Sistem ini di dunia ilmiah lebih populer dengan istilah unihemsiheric Sehingga tidak heran jarang sekali melihat lumba – lumba tidur di lautan.

3.Gurita dengan tiga jantung

Gurita dengan tiga jantung

Gurita dengan tiga jantung via sciencefokus.com

Hewan yang menghuni di lautan ini mempunyai organ jantung yang unik. Mengapa ? Karna organ jantung mereka ada tiga. Dimana masing – masing jantung mempunyai fungsi masing – masing. Dua jantungnya bergerak ke arah insang untuk mengatur pernafasan sedangkan satunya lagi memompa darah ke seluruh tubuh gurita.

Selain itu gurita juga mempunyai sembilan otak. Cara kerjanya yakni satu otak untuk menganalisa dan mengambil keputusan atas sebuah peristiwa. Kemudian otak lainnya yang berada di lengganya berguna untuk memproses setiap informasi dari setiap lengannya. Status otak yang ada di lengan ini dapat bergerak tanpa menunggu persetujuan dari otak utama.

4.Bintang laut bernafas lewat kulit

Bintang laut bernafas lewat kulit
Bintang laut bernafas lewat kulit via opentextbooks.org

Hewan ini sistem pernafasannya tidaklah seperti mahluk hidup lainnya yang menggunakan paru – paru. Namun menggunakan sistem ambulakral. Cara kerjanya yakni memanfaatkan ambulakral yang ada di lubang pada kulitnya. Saat dirinya bergerak kemudian air masuk melalui lubang di kulitnya. Kemudian air itu mengalir menuju saluran cincin bercabang pada kelima lengannya yang disebut dengan saluran radia.

4.Cumi – cumi otak di tenggorokan

Hewan ini mempunyai organ unik yakni otak yang berbentuk donat. Masalahnya letak otak mereka ada di kerongkongannya. Sehingga saat dia makan maka makanan itu harus dihancurkan terlebih dahulu. Kalau tidak bahaya yang mengintai adalah makanan itu akan mengikis otak dan menyebabkan kerusakan.

5. Kerang Pecten dapat melihat benda 3 dimensi

Kerang Pecten dapat melihat benda 3 dimensi
Kerang Pecten dapat melihat benda 3 dimensi via malangtimes.com

Kerang ini pasti bersyukur dalam hidupnya karena dapat melihat sebuah benda dengan mode tiga dimensi. Lantas bagaimana caranya ? Jadi begini pembaca anehdunia.com. Kerang Pecten ini memiliki 200 mata mirip teleskop. Disebut mirip teleskop karena setiap mata dibagian belakangnya cekung pada bagian belakang mata mereka. Sehiingga saat retina menerima cahaya kemudian diteruskan ke otak dan memproses pantulan cahaya dari 200 mata itu hanya menjadi satu gambar utuh. Hasilnya munculah satu gambar dengan pandangan tiga dimensi.

6.Ikan Hydro Cyanocintus bernafas lewat dahi

Ikan Hydro Cyanocintus bernafas lewat dahi
Ikan Hydro Cyanocintus bernafas lewat dahi via alchetron.com

Ikan Hydro Cyanocintus terkenal setelah diteliti oleh Alesaandro Palci dari Universitas Flinders. Dia meneliti ternyata Ikan Hydro Cyanocintus benafas tidak lewat paru – paru layaknya ular pada umumnya. Ular ini ternyata memiliki pembuluh darah besar di di atas dahi. Kegunannya adalah saat pernafasan ini terjadi dahi dapat menyuplai oksigen di otak sehingga otak lebih maksimal dalam bekerja. Hal ini terjadi karena Ikan Hydro Cyanocintus hidup di laut yang kadar oksigennya relatif rendah.

7. Kecoak dengan organ – oran anehnya

Kecoak dengan organ - oran anehnya
Kecoak dengan organ – oran anehnya via link.springer.com

Kecoak bernafas lewat pori – porinya sehingga tidak saat kepalanya terpotong. Maka dari lehernya tidak mengeluarkan darah dan dia tetap bisa bernafas. Selain itu dia tidak memiliki otak karena fungsi otak digantikan oleh syaraf – syaraf di tubuhnya. Tidak heran pula saat kepalanya terpotong dia tetap bisa bergerak bukan ?

8. Ular yang punya dua jantung

Ular yang punya dua jantung
Ular yang punya dua jantung via home.bt.com

Seekor ular dari Virginia, Amerika Serikat. Dilahirkan dengan kondisi unik yakni berkepala dua dan mempunyai jantung dua juga. Dokter hewan disana bernama Dr. Susan Kelleher benar – benar heran atas penemuan ular aneh dan unik ini. Biasanya hewan lain yang memiliki dua kepala akan mati. Baik karena kedua kepala itu akan saling membvunuh saat salah satu mendapatkan makanan. Atau karena tidak bisa berbagi fungsi kerja ginjal secara bersamaan. Namun ular ini anehnya bisa bertahan hidup. Bahkan saat salah satunya makan tikus kepala ular lainnya hanya diam saja.

9.Lithoredo abatanica dengan usus unik

Lithoredo abatanica dengan usus unik
Lithoredo abatanica dengan usus unik via detik.com

Hewan cacing bernama Lithoredo abatanica ini habitatnya ada di Bohol, Filipina. Cacing ini hidup di habitat sungai dengan kemampuan usus yang unik. Mengapa unik ? Karena dia makan bebatuan yang dia tempeli. Kemudian mkanan itu masuk ke usus. Saat di usus itulah bakteri – bakteri di dalamnya menghancurkan bebatuan itu kemudian keluar menjadi rempahan butiran halus.

Sebenarnya ada cacing dengan jenis sama yakni Cacing Kapal. Namun cacing ini tidak makan batu namun makan kayu – kayu yang ada di tubuh kapal. Saat masuk di usus mereka bakteri simbion memakan kayu – kayu itu. Kemudian kayu – kayu yang sudah dimakan itu menjadi nutrisi bagi Cacing Kayu.

10.Sapi yang mempunyai empat sistem pencernaan

Sapi yang mempunyai empat sistem pencernaan
Sapi yang mempunyai empat sistem pencernaan via hisham.id

Bila hewan lainnya hanya mempunyai satu pencernaan yang kemudian dikeluarkan semua hasil pencernaan itu lewat anus. Maka berbeda dengan sapi sebab dia mempunyai empat sistem pencernaan. Yakni yang pertama bagian melembutkan makanan, kedua mengirimkan kembali makanan itu kembali ke mulut, ketiga eruna untuk menghilangkan kelembaban dari makanan yang sudah dikuyah dan yang keempat setelah semua dikuyaj kemudian berguna sebagai tempat mencampur makanan dengan cairan pencernaan.

11.Jeli sisi berkutil dengan anus sementara

Jeli sisi berkutil dengan anus sementara

Jeli sisi berkutil dengan anus sementara via geek.com

Jeli sisi berkutil adalah hewan primitif yang tinggal di laut. Hewan transparan ini berbentuk mirip ubur – ubur dengan tinggal tepatnya di dasar laut. Konon hewan ini adalah keturunan hewan yang hidup 525 juta tahun. Berdasarkan penelitian dari jurnal Invertebrate Biology menyatakan bahwa Jeli sisi berkutil tidak memiliki anus. Lantas bagaimana cara dia mengeluarkan kotorannya ? Penasaran bukan pembaca anehdunia.com

  Jadi begini Jeli sisi berkutil mempunyai anus sementara dengan cara kerja seperti ini. Jeli sisi berkutil melahap bayi ikan lewat mulutnya kemudian dari masuk tenggorolan untuk menggiling makanan untuk dibawa ke perut yang berbentuk corong. Kemudian di corong itu berisi jaringan percabangan kanal yang mendistrubiskan nutrisi ke seluruh tubuh.

Di corong itu juga terdapay dua kanal yang masing – masing bercabang dan berbentuk Y layaknya ketapel. Kemudian kedua cabang itu secara otomatis saat Jeli sisi berkutil hendak mengeluarkan kotorannya membentuk anu sementara. Untuk Jeli sisi berkutil dewasa anus sementara ini munculsetiap sejam sekali. Sedangkan yang belum dewasa muncul setiap sepuluh menit sekali.

Sumber 

https://bobo.grid.id/amp/08674309/7-hewan-ini-punya-kebiasaan-tidur-yang-unik?page=all

https://id.berita.yahoo.com/amphtml/punya-3-jantung-dan-makan-122400247.html

https://www.androphedia.com/6-hewan-yang-memiliki-sistem-jantung-paling-unik-di-dunia/

http://www.tahupedia.com/content/show/2014/10-Hewan-Unik-Yang-Tidak-Memiliki-Mata

https://today.line.me/id/article/Burung+Unta+hingga+Paus+Orca+Deretan+Fakta+Unik+tentang+Otak+Binatang+Ini+Buatmu+Tercengang-aPmvl2

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/bayu/fakta-unik-kecoa

https://www.tagar.id/unik-ular-berkepala-dua-dan-dua-jantung

https://www.kembangpete.com/2014/04/29/lima-sistem-pencernaan-hewan-yang-unik/

anehtapinyatadotnet

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply