Tokoh Dunia Yang Mengaku Atheis Tidak Mempercayai Keberadaan Tuhan



Di Indonesia, ada 5 agama yang diakui pemerintah, yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, dan Buddha. Selama agama yang sudah disebutkan itu, ada banyak lagi agama lain yang dianut di negara selain Indonesia, seperti Yahudi, atau Shinto. Mereka yang memiliki agama, jelas mengakui adanya Tuhan, meski dari satu ajaran agama dan ajaran agama lainnya Tuhan yang mereka sembah itu berbeda. Namun, ada juga orang yang tak percaya dengan Tuhan, atau disebut dengan ateis. Berikut ini adalah para tokoh dunia yang mengaku ateis.

Angelina Jolie

Angelina Jolie merupakan aktris top Hollywood, yang membintangi beberapa film keren seperti Tomb Raider, Wanted, sampai Salt. Aktingnya jelas tak perlu diragukan lagi. Karena sukses menjadi bintang Hollywood, Angelina Jolie tentu saja memiliki kekayaan yang luar biasa, dan dia bisa membeli apa saja yang dia mau.

Meski demikian, ternyata Angelina Jolie merupakan salah satu orang yang tak percaya dengan adanya Tuhan. Dulunya, Angelina tumbuh di dalam sebuah keluarga Katolik yang taat. Namun, setelah dewasa dan menjadi bintang Hollywood, dalam beberapa wawancara, Angelina menegaskan bahwa dia tidak menganut satu agama apa pun. Tetapi pada saat bersamaan dia juga tidak terang-terangan mengungkapkan diri sebagai seorang ateis (tidak beragama), seperti yang dilakukan artis-artis lainnya.

Sebuah website A.V Club yang berafiliasi dengan majalah The Onion pernah melontarkan pertanyaan, “Apakah Tuhan itu ada?” kepada sekelompok artis. Ada 52 orang artis yang menjawab pertanyaan itu, termasuk Angelina Jolie. Angelina menjawab, “Bagi saya tidak perlu ada Tuhan. Ada sesuatu dalam spiritual orang yang terasa seperti Tuhan. Saya tidak merasa melakukan sesuatu hanya karena orang mengatakan, tetapi juga tidak sungguh tahu kalau itu lebih baik daripada tidak percaya sama sekali.”

Meski tidak beragama, Angelina mengaku menghormati semua agama. Dalam wawancara lanjutan yang dimuat parade.com, Angelina menegaskan, “Saya menghormati semua agama. Yang saya tidak hormati adalah ketika orang menggunakan agama untuk menyerang yang lain. Saya sudah bertemu banyak orang di seluruh dunia, dengan mereka yang berjuang untuk bertahan hidup. Mereka semua beragama. Kadang agama bisa membantu mereka dan saya tidak akan mengambil mereka dari sana. Tetapi ada juga orang yang memanfaatkan itu untuk membenci dan membunuh. Saya tidak yakin mereka orang beragama.”

Brad Pitt

Brad Pitt

Ya, ternyata mantan suami dari Angelina Jolie ini juga mengaku dirinya tak percaya dengan adanya Tuhan. Dia membuat pernyataan mengenai keyakinannya itu pada tahun 2015 lalu. Sebelumnya, Brad Pitt adalah penganut agama Kristen Protestan.

“Saya dibesarkan di bawah semua aturan Kristen yang ketat. Saya belajar soal apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan, serta apa yang harus dan dilarang dilakukan,” kata Brad Pitt. Namun, karena aturan yang terlalu ketat itu, Brad Pitt lalu memutuskan untuk pindah keyakinan jadi ateis.

Keputusan Brad Pitt rupanya tak lepas dari sang mantan istri, Angelina Jolie. Angelina rupanya mengenalkan paham ateis lebih dulu kepada Brad Pitt. Sang suami pun mulai merasa lebih baik dalam kehidupan serta kariernya sejak mengenal Angelina dan memiliki anak.

“Aku yakin banyak hal yang harus dilakukan dengan penuh kebijaksanaan. Pergeseran keyakinan ini terjadi ketika aku mulai mengenal keluargaku,” lanjut Brad Pitt. “Aku pikir itu semua karena keluarga dan tentunya anak-anakku. Keputusan ini adalah hal yang lebih besar dari itu semua.”

Dari seseorang yang sangat tegas karena agama, Brad Pitt kini menjadi sosok ayah yang jauh lebih lembut. Ia pun berniat untuk menjadi suami dan ayah baik yang bisa melayani dan membimbing anak-anaknya.

Stephen Hawking

Stephen Hawking

Stephen Hawking dikenal sebagai salah satu orang terpintar dunia yang menyibak rahasia semesta. Namun ilmuwan Inggris ini juga menegaskan diri sebagai seorang ateis, alias tidak percaya Tuhan. Dia menyatakan dirinya adalah ateis dan tak percaya Tuhan pada tahun 2014 lalu dalam wawancara dengan media Spanyol, El Mundo.

Catherine Giordano, ahli fisika dalam tulisannya di situs pendidikan Owlcation, mengatakan Stephen Hawking sejak kecil memang jauh dari agama. Dia memang dilahirkan dari keluarga Kristen, tapi faktanya keluarganya jarang beribadah atau ateis dalam pikiran.

Ketika masih bersekolah di St. Albans, dia berdebat hebat dengan kawan sekelasnya soal agama Kristen. Ketika berkuliah, Stephen Hawking juga termashyur di kalangan kawan-kawannya sebagai seorang ateis.

Berbagai komentar Stephen Hawking yang tak beragama disampaikannya dari waktu ke waktu. “Kita bebas meyakini apa yang kita mau dan dalam pandangan saya penjelasan paling sederhana adalah tidak ada Tuhan. Tidak ada yang menciptakan alam semesta dan tidak ada yang mengatur takdir kita….Mungkin tidak ada surga, dan tidak ada akhirat,”kata Stephen Hawking pada tahun 2011.

Pernyataan serupa juga disampaikannya pada tahun 2010 dalam wawancara dengan ABC News. “Ini perbedaan dasar antara agama, yang didasarkan pada otoritas, dan ilmu pengetahuan, yang didasarkan pada pengamatan dan alasan. Ilmu pengetahuan akan menang karena terbukti bekerja,” katanya setelah ditanya apakah agama dan ilmu pengetahuan bisa selaras.

John Lennon

John Lennon

Siapa yang tak mengenal musisi yang satu ini? John Lennon adalah salah satu personel band legendaris The Beatles, dan sempat bersolo karier setelah bandnya itu bubar. Namun, John Lennon ternyata tak percaya dengan adanya Tuhan. Hal itu dia ucapkan secara terang-terangan.

Dalam sebuah surat kabar pada 1966 silam, John Lennon mengucapkan pernyataan yang cukup kontroversial. “Agama Kristen akan hilang,” ujar Lennon. “Agama itu akan hilang dan tenggelam. Saya tidak perlu beradu argumen tentang itu. Saya benar dan akan membuktikannya. Kami lebih populer dari Yesus sekarang. Saya tidak tahu siapa yang akan hilang duluan, rock n’ roll atau Kristen.”

Pernyataan John Lennon tersebut mengundang gelombang amarah dan protes. The Beatles mendapat ancaman, album-album mereka dibakar, seruan boikot naik ke permukaan, konser mereka diteror.

Lirik lagu berjudul God ciptaan John Lennon juga menyebutkan bahwa dia tak percaya akan hal lain kecuali dirinya dan Yoko Ono, istrinya. Dalam lagu tersebut, ia menulis banyak orang-orang besar dan hal-hal religius yang tidak ia percayai, mulai dari Yesus, sampai dengan Buddha.

Mungkin karena pernyataannya itulah, John Lennon akhirnya tewas dibunuh oleh Mark David Chapman dengan cara ditembak. Pernyataan John Lennon tentang The Beatles lebih populer dari Yesus, ternyata menjadi alasan Chapman membunuh Lennon. Chapman merasa tak terima dengan ucapan itu dan akhirnya berujung pada tragedi mematikan.

Morgan Freeman

Morgan Freeman

Morgan Freeman adalah salah satu aktor Hollywood paling terkenal di dunia hingga kini. Kiprahnya di dunia perfilman dengan membintangi banyak film besar, salah satunya Bruce Almighty, di mana dalam film tersebut dia berperan menjadi Tuhan. Meski berhasil memainkan perannya dengan sangat bagus di film tersebut, Morgan diketahui merupakan seorang ateis.

Morgan diketahui memiliki prinsip tak bakal percaya adanya sosok pencipta tanpa melihat bukti meyakinkan di depan matanya. Dia menutupi segala fenomena di alam ini dengan berbasis ilmu pengetahuan. Jika secara logis dan matematis sesuatu dapat terjadi, maka Morgan dapat mempercayainya.

Dalam wawancara dengan Grio, ia menjelaskan, “Sistem kepercayaanku tidak bertumpu pada sesosok Pencipta, yang kita sebut Tuhan, yang menciptakan kita serupa dengan gambar-Nya,” kata Morgan. Namun, Morgan tidak secara langsung menegaskan bahwa ia seorang ateis, karena ia mempercayai Tuhan ada, yakni sebagai ciptaan manusia. “Kita menciptakan Tuhan,” kata Morgan.

Pernyataannya yang lain bahwa dia tak percaya dengan Tuhan adalah: “Apakah sudah ada yang melihat bukti nyatanya? Apa yang kita punya hanyalah teori dari nabi-nabi pendahulu kita. Kini, orang yang percaya bahwa Tuhan menciptakan kita, juga berpikir bahwa Bumi tak mungkin berusia lebih dari 6 ribu tahun. Jadi saya kira ini memang soal kepercayaan.”

Para tokoh dunia di atas memang tak mengakui adanya Tuhan, namun mereka tetap berusaha untuk menjadi orang yang baik dan berguna bagi masyarakat di sekitarnya. Bagaimana dengan kita yang beragama?

Sumber:

http://ciar-ciar.blogspot.com/2012/10/angelina-jolie-tidak-beragama-juga.html

https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00093223.html

https://kumparan.com/@kumparannews/stephen-hawking-dan-sikapnya-yang-tidak-percaya-tuhan

https://kumparan.com/jofie-yordan/the-beatles-lebih-populer-dari-yesus

https://id.wikipedia.org/wiki/God_(lagu_John_Lennon)

http://idontspeaksoiwrite.blogspot.com/2013/04/5-selebritis-yang-mengaku-ateis.html

https://www.brilio.net/creator/10-selebritis-terkenal-yang-ternyata-penganut-atheis-122898.html

https://www.suara.com/entertainment/2014/10/14/054231/ungkapan-10-selebriti-terkenal-yang-mengaku-ateis

anehtapinyatadotnet

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply