Uji coba pascamusim, Rossi langsung komentari ECU baru



Uji coba pascamusim, Rossi langsung komentari ECU baru

Valentino Rossi (c) AFP

Merdeka[dot]com – Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi langsung bicara soal sisi baik dan buruk perangkat elektronik (ECU) yang ia gunakan dalam hari pertama uji coba pascamusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada hari Selasa (10/11).

Mulai musim depan, semua pebalap dan tim akan tampil di bawah aturan penyeragaman ECU. Setelah menjajalnya seharian, The Doctor pun yakin ECU ini terasa seperti ECU yang ia gunakan pada tahun 2008 dan 2009 hingga terasa seperti sebuah kemunduran. Menurutnya, motor makin sulit dikendalikan.

“Saya mencoba ECU baru dan ini bisa jadi masalah besar. Ini seperti kami kembali ke masa lampau. ECU ini terasa seperti ECU pabrikan pada tahun 2008-2009. ECU ini tak membuat berkendara lebih menyenangkan, karena menurut saya semakin tinggi level sebuah motor, maka lebih baik untuk saya. Jadi ECU ini seperti langkah mundur,” ujarnya kepada Crash.net.

Meski begitu, Rossi meyakini ada hal positif dari ‘kemunduran’ ini. Menurutnya, ECU terbaru ini justru punya potensi membuat balapan akan makin seru, karena pebalap akan makin kesulitan menentukan ritme balap.

“Awalnya, Anda akan marah dan berpikir, ‘Sialan, ini tidak berfungsi dengan baik!’ Tapi di sisi lain, ini bisa bagus untuk balapan, karena akan makin sulit mencetak waktu yang sama. Ini karena motor sulit dikendarai. Jadi ECU ini bisa lebih baik untuk balapan saja,” tutupnya.

(kpl/kny)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply