GadgetTechnology

Kendalikan Mouse Komputer dengan Lidah Anda

GEORGIA – Untuk menggerakkan kursi roda atau mengendalikan mouse komputer, sebentar lagi mungkin hanya membutuhkan sebuah iPhone, sebuah penahan gigi (dental retainer), dan lidah yang ditindik.

ngulik_news_mouse_lidahTerobosan ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan orang mengalami cedera tulang belakang tingkat tinggi dan didaulat sebagai lompatan besar dalam sistem Tongue Drive (kendali lidah), yang sedang dikembangkan di Georgia Institue of Technology.

Diwartakan Msnbc, Jumat (24/2/2012), para penahan gigi yang sudah disesuaikan mengandung sensor medan magnet yang dipasang di empat sudutnya. Sensor tersebut berfungsi mendeteksi gerakan magnet kecil yang melekat pada lidah pengguna. Sistem ini dapat menafsirkan tujuh gerakan lidah yang berbeda untuk mengarahkan gerak kursi roda atau sekedar menjelajahi internet.

Sinyal dari penahan gigi tersebut dikirimkan ke iPhone atau iPod yang sudah dilengkapi perangkat lunak untuk menafsirkan menafsirkan perintah yang diberikan lidah pengguna, melalui posisi magnet. Sedangkan perangkat mutakhir besutan Apple itu dilekatkan pada kursi roda menggunakan antarmuka buatan.

Tes awal mengindikasikan adanya peningkatan sensitivitas dalam sistem baru tersebut, sehingga bisa saja membuka kemungkinan untuk menambahkan perintah.

Tim ini telah merekrut 11 orang yang mengalami cedera tulang belakang tingkat tinggi sebagai juru penguji sistem. Lidah mereka masing-masing ditindik dan diberi benjolan kecil yang memiliki magnet.

“Pengguna telah dapat belajar untuk menggunakan sistem, memindahkan kursor komputer lebih cepat dan dengan akurasi yang lebih, bermanuver cepat melalui rintangan dengan jumlah tabrakan yang lebih sedikit,” kata Maysam Ghovanloo, teknisi dari Georgia Institute of Technology.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button