Tumbangkan Leverkusen, Barca Menatap Perempat Final



LEVERKUSEN – Juara musim lalu Barcelona mengambil langkah besar menuju perempat final Liga Champions, dengan meraih kemenangan 3-1 atas Bayer Leverkusen pada pertandingan pertama babak 16 besar yang dilangsungkan Selasa (14/2) waktu setempat atau Rabu (15/2) dini hari WIB.

ngulik_news_afp_patrickstollarz_lev_barcelona

Dengan pertandingan kedua yang akan dilangsungkan di Nou Camp pada 7 Maret, Barcelona mendominasi penguasaan bola pada laga ‘David versus Goliath’ melawan Leverkusen, yang kini hanya meraih satu kemenangan dari delapan pertandingan terakhirnya.

Untuk status super bintang mereka, Barcelona, yang tertinggal sepuluh poin dari pemuncak klasemen, Real Madrid, di Liga Spanyol, mereka kerap tidak memaksimalkan peluang yang dimiliki. Sedangkan Leverkusen juga menyia-nyikan kesempatan untuk meraih hasil seri.

Bagaimanapun, Barcelona berada di posisi favorit untuk menuju delapan besar setelah dua gol yang dikemas pemain Chile, Alexis Sanchez, dan satu gol dari Lionel Messi, membuat mereka mendapat kemenangan tandang yang sangat berharga, sedangkan bek Leverkusen, Michal Kadlec, mencetak satu gol hiburan.

Lini tengah Barcelona sangat kuat dengan kehadiran gelandang pemenang Piala Dunia, Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Cesc Fabregas, di belakang lini depan yang dihuni oleh Adriano, Sanchez, dan pemain terbaik dunia, Messi.

Cedera yang memaksa gelandang Sidney Sam dan penyerang Swiss, Eren Derdiyok, merupakan pukulan keras bagi tuan rumah, sementara mantan kapten Jerman, Michael Ballack, harus absen sejak Minggu karena cedera betis.

Pada malam yang dingin di BayArena, klub Spanyol ini menguasai permainan di babak pertama untuk melakukan pemanasan dengan Messi beberapa kali memperlihatkan kemampuan menggiring bolanya sejak awal.

Dengan Barcelona menguasai sekitar 80 persen penguasaan bola, hanya tinggal masalah waktu sebelum pertahanan tuan rumah terbongkar.

Umpan terobosan dari Messi dikejar Dani Alves dan Sanchez yang berlari mengejar bola, dan pemain Chile tersebut merupakan pemain yang sampai terlebih dahulu, dan melepaskan tembakan melewati kiper Leverkusen, Bernd Leno, pada menit ke-41.

Keunggulan Barcelona di babak pertama merupakan hal kejam bagi tuan rumah yang bekerja keras, namun dengan serangan berbahaya pertama mereka di pertandingan ini, Leverkusen mampu menyamakan kedudukan.

Mantan bek Tottenham Hotspur, Vedran Corluka, mencungkil bola untuk mengirim umpan silang, dan bek Republik Ceko, Kadlec, melepaskan tandukan masuk ke gawang Barcelona, yang membuat ribuan pendukung Leverkusen bersorak utnuk merayakan gol di-menit ke-52 tersebut.

Barcelona, bagaimanapun juga, hanya membutuhkan tiga menit untuk kembali memimpin, ketika Sanchez menyumbangkan gol kedua, setelah Fabregas membiarkan pemain Chile ini untuk mengecoh Leno dan melepaskan tembakan.

Leverkusen mencoba memberi perlawanan, dan Renato Augusta memaksa kiper Barcelona, Victor Valdes, untuk menyelamatkan gawangnya. Semenyata sepakan gelandang Gonzalo Castro membentur tiang gawang di menit ke-46 meski Valdes telah ditaklukkan.

Meski para pemain bertahan membayangi setiap gerakannya, tembakan Messi menerpa tiang gawang di menit-72, namun di sisi lain, penyerang Stefan Kiessling masuk saat pertandingan tinggal menyisakan 15 menit lagi.

Messi akhirnya mencatatkan namanya di papan skor, ketika dirinya memaksimalkan umpan silang bagud dari Alves, untuk mencetak gol ketiga Barcelona pada menit-88.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply