HeadlineInternationalMiddle East

Ternyata Israel-AS Bicarakan Serangan ke Iran

TEL AVIV – Kepala Dinas Intelijen Israel Tamir Pardo dikabarkan melakukan perjalanan rahasia ke Amerika Serikat (AS), guna mencari tahu reaksi Negeri Paman Sam bila Israel melakukan serangan ke fasilitas nuklir Iran.

ngulik_news_israel_flagPardo yang mengepalai Mossad, dikabarkan terlibat pembicaraan rahasia rekan dari AS. Pembicaraan tersebut kini diketahui bocor ke media dan dikeluarkan oleh majalah Newsweek yang berjudul “Obama’s Dangerous Game With Iran” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Permainan berbahaya Obama dengan Iran”.

Meski judul artikel tersebut menyebutkan Obama, tetapi dalam artikelnya disebutkan justru memaparkan pembicaraan antara Pardo dengan Kepala Dinas Intelijen AS (CIA) David Petraeus.

Hasil pembicaraan ini disampaikan oleh seorang pejabat AS yang menolak disebut namanya. Pejabat itu mengklaim Kepala Mossad tersebut menghujani pertanyaan kepada David Petraeus.

“Apa posisi kami (Israel) mengenai Iran? Apakah siap untuk mengebomnya? Kapan waktu yang tepat untuk melakukan itu semua? Apa yang akan terjadi bila Israel tetap melakukannya?” tanya Pardo kepada Patreaus menurut pengakuan pejabat Israel kepada Majalah Newsweek seperti dikutip Daily Telegraph, Rabu (15/2/2012).

Namun hal tersebut tidak dijawab oleh Patreaus. Dirinya mengakui memang melakukan pertemuan dengan Pardo, tetapi pertemuan itu dilakukan untuk membahas kekhawatiran Israel atas program nuklir Iran.

Ketika ditanya oleh komite Senat AS, Patreaus lebih memilih menjawab pertanyaan mengenai kesiapan Israel secara tertutup dengan pihak komite. Pihak Israel sendiri membantah laporan dari artikel tersebut.

Hubungan antara Israel dengan Iran akhir-akhir ini memang makin memanas. Banyak pihak mengkhawatirkan, meningkatnya ekskalasi kekerasan antara keduanya, membuat mereka makin masuk ke dalam jurang peperangan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button