Polisi Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia Senilai Rp 128 M



ngulik_news_narkobaTerbongkarnya delapan tersangka kepemilikan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) jenis shabu, ekstasi, dan pil happy five di Jakarta senilai Rp 128 miliar semakin menambah panjang keterlibatan sindikat narkoba Malaysia. Negeri jiran itu menjadi jalan masuk penyelundupan narkoba ke Indonesia.

“Semuanya diselundupkan ke Indonesia melalui Malaysia oleh sindikat internasional yang dikendalikan dari Malaysia. Delapan pelaku yang kita tangkap itu semuanya warga negara Indonesia. Tersangka warga negara Malaysia, belum disebutkan,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Saud Usman Nasution di Mabes Polri, seperti ditulis laman beritasatudotcom, Kamis (02/01).

Seperti diketahui, polisi berhasil menyita 55 kilogram (kg) shabu, 50 ribu ekstasi, dan 30 ribu pil happy five dari delapan tersangka. Penangkapan ini bermula dari penangkapan D di Mangga Dua, Jakarta Pusat, pada 26 Januari lalu. Pelaku diancam pidana mati atau seumur hidup.

“Ini penangkapan jaringan narkoba dalam negeri yang terkait jaringan dengan jaringan Malaysia untuk kelima kalinya sejak 2011,” tambah Saud yang menegaskan jika untuk sementara kasus ini tidak terkait dengan jaringan Ujung Genteng yang melibatkan orang Iran pada akhir bulan lalu.

Jaringan ini, Saud melanjutkan, menyelundupkan barang haram itu melalui pulau-pulau kecil di Semenanjung Malaysia ke Aceh. Dari provinsi Serambi Mekkah itu, narkoba dikirim melalui darat melalui Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Lampung, dan ke Jakarta.

Penulis: Farouk Arnaz/ Murizal Hamzah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

facebook comments:

Leave a Reply