Pemungutan Suara di Aceh Diundur 9 April



Kompas/Mohamad KurniawanBANDA ACEH,  — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memutuskan untuk menggeser jadwal pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) di Aceh dari 16 Februari 2012 ke 9 April 2012. Pengunduran jadwal tersebut didasarkan pada pertimbangan waktu yang dibutuhkan untuk pendaftaran, verifikasi data, pencetakan surat suara, serta pertimbangan teknis lainnya.

Menurut Komisioner KIP Aceh Robby Syahputra, pengunduran jadwal itu diputuskan dalam rapat pleno KIP Aceh bersama perwakilan KIP kabupaten/kota di Aceh.

“Keputusan itu berdasar masukan dari KIP kabupaten/kota. Pertimbangannya, KIP kabupaten/kota tak memungkinkan membuka pendaftaran dan verifikasi dalam tujuh hari. Karena itu, kami semua sepakat untuk menggeser jadwal pemungutan suara menjadi 9 April,” jelas Robby, Kamis (19/1/2012) di Banda Aceh.

Dalam putusan sela pada 17 Januari, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan termohon (KIP Aceh dan KPU) membuka kembali pendaftarn pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota, untuk memberi kesempatan kepada bakal pasangan calon baru yang belum mendaftar, baik yang diajukan partai politik, gabungan partai politik, maupun perseorangan. Adapun pelaksanaan verifikasi dan penetapan pasangan calon baru sampai dengan tujuh hari sejak putusan sela dikeluarkan.

Robby mengatakan, meskipun memutuskan menggeser jadwal pemungutan suara, KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota tetap berkomitmen melaksanakan putusan sela MK tersebut. Dalam rapat pleno itu disepakati pula untuk membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah, baik gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, maupun wali kota/wakil wali kota, terhitung mulai 17 Januari 2012 hingga 24 Januari 2012.

Putusan KIP Aceh tersebut agak berbeda dengan pernyataan Anggota KPU, Endang Sulastri sehari sebelumnya di Banda Aceh. Endang menyatakan, tidak ada perubahan jadwal pemungutan suara, tetap 16 Februari 2012. “Itu putusan MK. Kalau bergeser, maka berpotensi digugat,” kata dia.

KIP Aceh akan membawa putusan rapat pleno, terkait pergeseran jadwal Pilkada Aceh itu ke MK untuk mendapat persetujuan. [KOMPASdotcom]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

facebook comments:

  1. Muzakir Seak on Facebook19 January 2012 at 15:23

    Berarti jaga malam smp 2 bln 😀

  2. Maimun Riansyah on Facebook19 January 2012 at 15:27

    asli….:(

Leave a Reply