HeadlineInternationalMiddle East

AS Ingin Memperlemah Pasukan Garda Revolusi Iran

WASHINGTON – Senator Amerika Serikat (AS) kembali menawarkan pemberlakuan sanksi baru terhadap Iran yang ditujukan untuk menggagalkan program nuklir dan memperlemah Pasukan Garda Revolusi Negeri Persia itu.

ngulik_news_tim_johnson

Ketua Komite Perbankan Senat AS Tim Johnson dan Senator Richard Shelby menyetujui sebuah sanksi baru yang akan ditargetkan ke Pasukan Garda Revolusi Iran. Sanksi itu akan berupa penolakan visa serta pemberlakuan aset setiap individu dan perusahaan yang mendukung Iran dalam hal keamanan.

Hingga saat ini, Iran dikabarkan masih mengimpor peralatan keamanan dari sejumlah perusahaan. Peralatan itu berupa gas air mata, peluru karet, dan perlengkapan mata-mata.

“Iran yang memiliki senjata nuklir akan menciptakan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional. Iran juga tidak pernah mau mematuhi hukum internasional,” ujar Shelby dan Johnson, seperti dikutip Daily & Sunday Express, Selasa (31/1/2012).

Menurut Shelby dan Johnson, sanksi yang diberikan oleh Presiden AS Barack Obama dan komunitas internasional tidak cukup kuat untuk melumpuhkan Iran. Kedua senator itu menilai, pasukan elit Garda Revolusi Iran harus diperlemah lewat sanksi-sanksi AS.

Sanksi terlihat cukup mewarnai interaksi politik antara Barat dan Negeri Persia. Barat nampaknya tetap berupaya untuk membuat Iran bertekuk lutut lewat sanksinya. Iran yang sudah berkali-kali menyangkal menciptakan senjata nuklir juga tidak menyerah dalam menghadapi sanksi itu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button